tingkat keanekaregaman hayati

Tags

Pengertian Tingkat Keanekaragaman Hayati
Tingkat Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman mahluk hidup dari semua sumber termasuk daratan, lautan, ekosistem aquatik lain, serta kompleks ekologi yang merupakan bagian dari keanekaragamannya.

Tingkat Keanekaragaman Gen 
yaitu perbedaan yang terjadi dalam spesies yang sama. Terjadi karena susunan gennya berbeda sedangkan jumlah kromosomgennya sama. Gen adalahh materi dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat, yaitu gen sebagai pembawa sifat-sifat dasar bawaan turun temurun yang diwariskan oleh induk. Namun sifat-sifat bawaan tersebut bisa saja tidak muncul (tidak terlihat) karena faktor lingkungan. Jika bawaan sama namun lingkungannya berbeda maka akan tampak sifat-sifat yang berbeda. Jadi antara gen dan lingkungan terjadi interaksi.

Perbedaan-perbedaan tersebut dapat kita lihat pada bunga mawar. Mawar merah, mawar putih dan mawar kuning. Perbedaan warna itu terjadi karena lingkungan yang berbeda, cara penanaman yang berbeda. Bunga Hortensia secara stek kedalam dua pot diberi media tanam yang berbeda. Karena dalam tanaman stek, gennya yang dikandung sama. jika salah satu tanaman diberi media tanam yang bersifat asam seperti humus akan menghasilkan bunga yang berwarna merah tapi jika diberi media tanam basa seperti diberi bubuk kapur maka bunga akan berwarna biru. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan keasaman dapat mengakibatkan bunga tersebut beranekaragam yang terjadi oleh faktor lingkungan. contoh contoh:
manusia : ras negroid, ras mongoloid, ras kaukasoid, ras negroid
varietas/ras adalah variasi dalam satu spesies. Antar varietas tersebut dapat melakukan perkawinan dan akan menghasilkan keturunan yang fertil  

glosarium (silahkan diKlik)



Tingkat Keanekaragaman jenis
Tingkat Keanekaragaman Jenis adalah perbedaan sifat antarindividu yang berbeda spesies namun masih dalam famili yang sama. Pada tingkat ini jumlah dan susunan kromosomgen berbeda sehingga akan tampak jelas perbedaannya. 
contoh : 
-Anjing, srigala, heyna.
-Harimau, singa, ceetah, kucing.
-Ayam, itik, bebek, angsa, burung merpati, burung parkit.
-Rumput, padi, jagung, bambu, gandum. 

Keanekaragaman Ekosistem
Keanekaragaman ekosistem adalah interaksi kumpulan antar makhluk hidup yang saling berinteraksi pada variasi bentuk dan jenis bentang alam yang berbeda. Hal ini disebut interaksi biotik yang membentuk komunitas. Sedangkan interaksi abiotiknya adalah dengan lingkungan fisik (suhu dan cahaya) juga lingkungan kimiawi (air, mineral, derajat keasaman).

·    Macam-Macam Ekosistem di Indonesia
Ekosistem hutan bakau : Terletak di daerah pantai yang didominasi oleh tumbuhan bakau. Ekosistem hutan bakau menjadi tempat berlindung ikan, hewan pantai, burung-burung yang ada disekitarnya.
Ekosistem Hutan Hujan Tropik (HHT) : Terdapat di sebagian besar pulau-pulau Indonesia. HHT ini memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi. Berupa hutan belantara yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan dan berbagai jenis hewan.
Ekosistem Padang Rumput (Sabana) : Terdapat di Nusa Tenggara Timur dan Papua. Didominasi oleh rumput dan semak-semak. Hewan yang hidup di daerah ini adalah mamalia besar, herbivore dan karnivor dan memiliki tingkat keanekaragaman yang lebih rendah.








Artikel Terkait