Cara Membacakan Naskah Berita

Anda akan membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca berita yang baik. Anda juga akan menggunakan kata penghubung akan tetapi, namun, dan sebaliknya.


Informasi tentang kenaikan harga beras dapat Anda temukan dengan menyimak sebuah berita. Saat menyimak berita, pernahkah Anda memperhatikan sikap atau cara membaca pembaca berita? Bagaimana cara membacakan berita dengan baik? Ungkapkan jawaban Anda!

Cara Membacakan Berita
Hal-hal yang harus diperhatikan saat membacakan berita seperti uraian di bawah ini.
1.        Membaca dengan menggunakan lafal ucapan yang tepat dan jelas.
2.        Menggunakan intonasi atau tekanan suara yang baik.
3.        Membaca dengan jelas kalimat-kalimat dalam teks berita.
4.        Membaca dengan memerhatikan tanda baca.
5.        Pandangan kadang-kadang ditujukan ke arah penyimak berita.
6.        Ekspresi wajah harus wajar. Tidak perlu menunjukkan rasa takut pada saat membaca berita yang menyeramkan. Tidak perlu tertawa saat membaca berita yang menggembirakan atau menggelikan.
Sebelum membacakan berita Anda dapat memberikan tanda-tanda pembacaan seperti berikut.
=         berhenti sebentar
=         berhenti
 - - - - =             tekanan pada kata-kata penting
=         intonasi naik
=         intonasi datar
=         intonasi turun
Contoh:
Pemerintah  masih terus melakukan  operasi pasar  di sejumlah wilayah
Seorang pembaca berita harus duduk dengan tegap dan berpenampilan wajar, rapi, dan bersih saat membacakan berita. Jangan berdandan berlebihan sebab akan mengganggu konsentrasi orang lain dalam menyimak berita. Seorang pembaca berita juga harus mempunyai rasa percaya diri agar tidak gugup saat membacakan berita.
A.  Lakukan kegiatan berikut sebelum Anda membacakan berita!
1.        Bacalah berita ”Operasi Pasar Beras Masih Diminati Warga”!
2.        Berilah tanda-tanda pembacaan berita pada berita ”Operasi Pasar Beras Masih Diminati Warga”!
3.        Berlatihlah membacakan berita ”Operasi Pasar Beras Masih Diminati Warga” sesuai dengan tanda-tanda yang Anda berikan!




•    Membaca berita berbeda dengan membaca bacaan biasa atau karya sastra. Membacakan berita berhubungan dengan orang lain. Agar informasi yang dibaca dimengerti orang lain, Anda harus memerhatikan hal-hal berikut.
1.   Baca kata demi kata dengan jelas.
2.   Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat.
3.   Bacalah dengan keras agar semua mendengar.
4.   Sekali-kali arahkan pandangan Anda kepada pendengar.
•    Sebelum membacakan berita untuk orang lain, Anda dapat berlatih membaca berita di depan cermin. Anda akan tahu kekurangan saat Anda membaca.
Operasi Pasar Beras
Masih Diminati Warga
Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah masih terus melakukan operasi pasar di sejumlah wilayah. Namun, operasi pasar ini belum banyak berpengaruh terhadap harga beras di pasaran. Operasi pasar beras yang dilakukan oleh pemerintah masih diminati warga yang ingin mendapatkan beras murah. Seperti yang terjadi di Pasar Jambul, Jakarta Timur pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2007. Ratusan warga rela berdesak-desakan untuk mendapatkan beras murah karena harga beras di pasar sudah tidak terjangkau. Salah satunya adalah nenek Gustariah. Kemarin, nenek Gustariah sempat antre berjam-jam tetapi tidak kebagian. Akan tetapi, kali ini nenek Gustariah gembira karena usahanya tidak sia-sia.
Nenek Gustariah hanya satu dari ratusan atau bahkan ribuan warga Jakarta yang harus berjuang hanya untuk bisa mendapatkan beras murah. Sayangnya, operasi pasar beras yang seharusnya diperuntukkan bagi warga miskin, banyak dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan.
Sumber: www.liputan6.com


B. Bacalah berita ”Operasi Pasar Beras Masih Diminati Warga”! Setelah Anda membaca berita, teman-teman Anda akan memberi komentar terhadap cara Anda membaca berita.


Teman-teman Anda akan memberikan komentar terhadap:
1.        lafal atau ucapan Anda;
2.        lagu kalimat atau intonasi yang Anda gunakan;
3.        ketepatan jeda yang Anda gunakan;
4.        sikap Anda saat membaca; 5. pandangan mata; dan

6.    ekspresi wajah.

Artikel Terkait