5P dan Aplikasinya Dalam Bisnis

Tags



Bagaimana caranya untuk kita memasarkan barang penjualan / produk kita kepada pelanggan? Sebenarnya, ada 5 kriteria sederhana yang bisa kita ikuti untuk menawarkan produk kita ke publik. Kriterianya adalah;

Product

Produk yang dijual harus produk yang mendapat permintaan dari pelanggan. Produk yang ditawarkan seharusnya berbeda dari pesaing dan mampu memberi manfaat kepada penggunanya. Jika kita menjual jasa atau layanan, layanan yang diberikan memainkan peran utama dalam penentuan layanan yang Anda berikan kualitas atau tidak.

Kita harus cerdas memantau keinginan konsumen masa kini, sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai contoh, jika dahulu, pisang goreng hanya dimakan kosong atau bersama sambal kecap. Kini, selera konsumen sudah berubah. 'Pisang goreng cheese' kini menjadi fenomena saat. Pisang goreng itu tidak hanya disajikan bersama keju yang diparut, malah turut dihidangkan bersama dengan sirup coklat dan juga es krim.

People

Bila sudah memiliki produk untuk dijual, Anda perlu menemukan 'target market' Anda. Siapa golongan sasar yang Anda yakin akan membeli produk Anda. Jangan malu untuk menjual produk Anda ke kontak atau saudara terdekat terlebih dahulu. Meskipun hanya dimulai dari kontak atau kerabat dekat untuk memperkenalkan produk kita, dampak dan manfaatnya tidak terjangkau.

Jaringan bisnis kita secara otomatis akan meluas dengan sendirinya karena, penyampaian mulut ke mulut sangat membantu dalam memperluas jaringan bisnis. Selain itu, frekuensi pelanggan untuk membeli produk kita juga tergantung pada tingkat layanan yang kita berikan. Meskipun produk kita bagus, tapi servis atau layanan yang diberikan sangat mengecewakan, pelanggan tidak perlu berpikir dua kali untuk tidak kembali membeli produk yang kita tawarkan karena bagi mereka 'customer is always right'.

Place

Tempat di sini berarti area pasar yang sesuai untuk memulai bisnis Anda. Ulasan perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui lokasi strategis yang menjadi fokus pelanggan. Lokasi yang dipilih haruslah mudah untuk dicari oleh pelanggan, menjadi jalur utama pelanggan dan harus ramah 'parking'. Sediakan lot parking yang sesuai karena pelanggan akan berpikir dua tiga kali jika lokasi Anda susah untuk mendapatkan parking.

Sebagai contoh, jika Anda lihat restoran makanan cepat saji seperti KFC, selain membuka cabang di dalam pusat perbelanjaan yang pastinya selalu memiliki pelanggan, mereka juga memilih untuk membuka cabang di daerah fokus siswa karena mereka sadar siswa dan remaja merupakan penggemar setia produk makanan instan.

price

Aspek keempat yang harus diperhitungkan di dalam pemasaran adalah harga produk yang ingin dijual. Harga yang dikenakan kepada pelanggan harus terjangkau dengan kondisi ekonomi saat ini setimpal dengan kualitas yang diberikan. Jangan kenakan harga yang terlalu tinggi karena pengguna sekarang memiliki lebih banyak pilihan lain yang ditawarkan pada harga yang jauh lebih murah.

Saat hendak menentukan harga penjualan, ambil kira segala biaya-biaya yang telah dihabiskan dan tentukan target margin keuntungan yang Anda inginkan. Anda juga harus menetapkan harga terendah yang Anda tawarkan kepada pelanggan setelah dikurangi dengan biaya. Hal ini untuk memastikan Anda masih bisa mendapatkan kembali modal yang telah dikeluarkan meskipun Anda menawarkan harga terendah kepada pelanggan.

Promotion

Anda harus memilih metode yang tepat untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda. Apa yang paling penting adalah, promosi yang dilakukan harus konsisten dan bukannya sekadar hangat-hangat tahi ayam saja. Promosi yang berkelanjutan akan menjadi signal kepada konsumen untuk terus membeli produk Anda. Promosi dapat dilakukan baik melalui media cetak, elektronik maupun sosial.

Jika Anda inginkan biaya yang rendah, tentunya media sosial yang menjadi pilihan terbaik. Anda dapat mempromosikan produk Anda di situs-situs sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Promosikan dahulu produk Anda ke teman-teman terdekat dan keluarga karena dari jaringan kecil inilah akan adanya satu jaringan bisnis besar, yang akan membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Artikel Terkait